Friday, August 19, 2011

Penjelasan Singkat Peraturan Kepala BPN No 5 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pendayagunaan Tanah Negara Bekas Tanah Terlantar

Penjelasan Peraturan Kepala BPN  No 5 Tahun 2011


tentang Tata Cara Pendayagunaan  Tanah Negara Bekas Tanah Terlantar




Berdasarkan PP No 11 Tahun 2010 tentang Penerbitan dan Pendayagunaan tanah terlantar, sebagai tindak lanjut dari peraturan itu maka dikeluarkan oleh BPN Peraturan Kepala BPN yang baru, PERKABAN 5 2011 yang ditujukan sebagai pedoman dalam melakukan Penerbitan Tanah Terlantar yang dilaksanakan oleh Jajaran BPN di seluruh Indonesia. Peraturan ini berisi tentang :

  1. Pembentukan sebuah unit kerja yang diberi nama Tim Nasional yang mempunyai tupoksi membantu Kepala BPN RI untuk mengurus dan mengelola TCUN (Tanah Cadangan Umum Negara), TCUN ini adalah tanah negara bekas tanah terlantar yang sudah masuk dalam database Tim.

  2. Tata Cara Pendayagunaan TCUN yang meliputi:

    1. Ketersediaan TCUN

    2. Kepastian objek TCUN

    3. Pengamanan TCUN

    4. Pengaturan dan Peruntukan TCUN

    5. Basis Data yang dipakai

    6. Pengawasan dan Pengendalian TCUN

    7. Pelaporan

    8. dan Biaya

    9. Lampiran yang diperlukan untuk mengelola TCUn (6 lampiran)




Tanah Cadangan Umum Nasional (TCUN) adalah tanah Negara bekas Tanah terlantar yang telah ditetapkan  berdasarkan PP Nomor 11 Tahun 2010 dan Peraturan Kepala BPN Nomor 4 Tahun 2011 tentang Pendayagunaan Tanah Terlantar, TCUN ini dikelola oleh Tim Nasional yang dibentuk oleh Kepala BPN RI, Adapun syarat-syarat dari PengelolaanTCUN ini adalah ;

-          Tidak dalam Objek sengketa (baik sengketa fisik ataupun sengketa yuridis)

-          Telah diamankan kondisi tanahnya baik itu secara administrasi maupun fisik setelah tanah itu dinyatakan terlantar (kewajiban pemeliharaan ini ada pada Kepala Kantor Pertanahan).

-          Tanah dialokasikan secara nasional

-          Kesesuaian tanah daya dukung wilayah yang tidak bertentangan dengan RTRW

-          TCUN hanya dikelola berdasarkan pertimbangan Tim Nasional yang dibentuk oleh Kepala BPN RI

-          Peruntukan TCUN ini tidak boleh untuk Bekas Pemegang hak tanah yang lalu atau yang mempunyai hubungan hukum dengannnya.

berikut link Peraturannya silahkan sedot gan :D

Peraturan Kepala BPN No. 5 Tahun 2011