Friday, March 22, 2013

Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat



Pemberdayaan Nelayan di Kawasan Pesisir

Dr. Sunyoto Usman

Transformasi Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat

Globalisasi, Pembangunan dan Pemberdayaan Daerah


Di masa yang akan datang, masyarakat kita jelas akan menghadapi banyak perubahan sebagai akibat dari kemajuan yang telah dicapai dalam proses pembangunan sebelumnya,kemajuan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengaruh globalisasi. Satu hal yang tidak mungkin dihindari adalah kegiatan pembangunan nasional akan semakin terkait erat dengan perkembangan internasional.

Secara teoritis, kegiatan pembangunan nasional suatu bangsa yang menjadi bagian tak terpisahkan dari perkembangan internasional akan menumbuhkan apa yang lazim disebut dengan global governance. oleh Karena itu, persoalan-persoalan ekonomi dan politik semakin sukar dipecahkan dalam bingkai atau pola pikir Negara-bangsa (Nation-State). Persoalan-persoalan ekonomi dan politik yang dihadapi oleh suatu Negara bukan hanya milik atau menjadi beban dari persoalan-persoalan ekonomi dan politik Negara-negara lain. Persoalan-persoalan tersebut menjadi bersifat internasional atau berskala global berkembang di tingkat lokal.

Dewasa ini, pada kenyataannya, hal itu telah menjadi kecenderungan itu dapat dilihat pada dua hal berikut. Pertama, kegiatan pembangunan masyarakat sudah semakin luas dan menembus batas-batas administrative. Kedua, unit-unit sosial telah tumbuh semakin kompleks dan konsekuensinya kemudian adalah semakin sulitnya menemukan kultural suatu masyarakat.

Namun demikian, pada saat aktivitas pembangunan masyarakat tidak dapat dilepaskan dari pengaruh perkembangan internasional, tindakan-tindakan semacam itu tidak mudah dilakukan. Pemerintah semakin sukar mempertahankan diri pada posisi yang amat sentral dalam kegiatan pembangunan , terutama karena model perencanaan dan implementasi program-program pembangunan yang ada harus menoleh kepada kepentingan ekonomi dan politik Negara-negara lain. Pemerintah tentu saja mampu mempengaruhi atau memaksakan kehendak serta melakukan pengawasan sehingga bangsa ini tetap dapat menentukanmasa depannya sendiri. Tetapi proses mempengaruhi dan bentuk pengawasan

Untuk Tulisan Selengkapnya Download di Sini