Lulusan Luar VS Lulusan Lokal (Sebuah Pandangan tentang Pendidikan)

"Attitude, determined your altitude"
Want to be On Top, watch your attitude... Education is not Everything

Makin banyak sekarang perusahaan menengah maupun besar yg iklannya ada kriteria: "preferred overseas graduate" yg artinya lebih memilih lulusan luar negeri.



jika dikaji maka ada kelebihan dan kekurangan untuk orang yang disekolahkan di luar, seseorang itu akan lebih:
1. Mandiri, karena memang di luar negeri dituntut untuk hidup sendiri dan memenuhi segala kebutuhan hidup sendiri.
2. Percaya diri, karena di luar negeri untuk survive mau tidak mau harus menumbuhkan rasa percaya diri agar tidak jadi super kuper
3. Bekerja cepat, karena persaingan sewaktu hidup dan belajar di luar membentuk mereka untuk bekerja lebih cepat dibanding orang lokal sana
4. Kreatif/tidak mudah menyerah, karena lagi-lagi sebagai orang asing dari negara ketiga hidup dengan keterbatasan sehingga memicu mereka untuk jadi kreatif.
5. Pintar berbicara, karena sistem pendidikan yang memberi ruang dan menuntut tiap individual untuk mampu menyampaikan pemikiran mereka.

Sebaliknya, yang negatif yang mungkin timbul dari lulusan luar adalah:
1. Sombong, atau berkesan sombong/di cap sombong lebih dulu karena embel2 "lulusan luar"
2. Kurang "lokal", mereka baru pulang dan seakan hidup di dalam "bubble", tidak pernah mengetahui perkembangan dunia bisnis dan industri lokal, tidak tahu who's who in business, dsb.
3. Kurang bagus human skill/ lebih individual, karena terbawa etos dari luar negeri yang memang budaya Barat yang kurang menekankan aspek sopan santun seperti di Timur.

Jadi kalau opini saya, yang membuat berbeda bukan sekedar mutu sekolah atau tingkat ilmu yang diajarkan, tetapi kondisi kehidupan di luar itu juga memberi nilai tambah bagi seseorang lulusan luar.

Tentu saja itu tidak berlaku 100%, banyak juga lulusan luar yang akhirnya "lembek" atau malah lebih jelek dari rekannya yang tidak pernah sekolah di luar. Apalagi di era informasi seperti sekarang ini, selama seorang mau senantiasa mencari informasi dan belajar, tidak relevan lagi dimana dia menuntut ilmu.

oleh karena itu,karena pada dasarnya bukan dimana atau darimana anda sekolah, tapi bagaimana anda mengimplementasikan ilmu yg didapat dari sekolah tersebut.

0 komentar:

Yang Berkunjung, Wajib Komentar

Blogger Template by Clairvo